Yunani: Tembakan ditembakkan ke markas partai yang berkuasa

Yunani: Tembakan ditembakkan ke markas partai yang berkuasa

ATHENS, Yunani (AP) – Seorang pria bersenjata menembakkan rentetan peluru di markas besar partai Demokrasi Baru kanan-tengah Yunani yang berkuasa di dekat pusat Athena Senin pagi, dengan satu peluru mengenai kantor yang kadang-kadang digunakan oleh perdana menteri digunakan, kata para pejabat. Tidak ada yang terluka.

Seorang juru bicara pemerintah mengatakan penembakan itu adalah bagian dari upaya untuk “meneror” masyarakat Yunani, yang berjuang melalui krisis keuangan terburuk dalam dua generasi di tengah penurunan standar hidup yang drastis dan rekor kenaikan pengangguran. .

Polisi menutup area di mana seorang pria bersenjata tak dikenal menembakkan setidaknya sembilan peluru senapan otomatis ke gedung di Syngro Avenue yang sibuk di ibu kota, di selatan pusat kota.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan menjelang fajar, yang mengikuti gelombang baru kekerasan bermotivasi politik skala rendah oleh anarkis kecil dan militan sayap kiri.

Pengetatan sabuk, di tengah kebencian yang meluas terhadap lembaga politik yang tidak kompeten dan seringkali korup yang disalahkan atas kesengsaraan negara, telah mendorong ekstremis di sayap kiri dan kanan spektrum politik. Sebuah kelompok ultra-kanan Rand yang dituduh mempromosikan serangan kekerasan terhadap imigran berkulit gelap diwakili di Parlemen dan secara teratur menempati peringkat sebagai partai paling populer ketiga di negara itu dalam jajak pendapat.

Semua partai politik mengutuk serangan Senin itu.

“Tidak ada aksi terorisme yang akan membuat kami takut,” kata Makis Voridis, juru bicara Demokrasi Baru. “Upaya kami untuk memulihkan hukum dan ketertiban … akan terus berlanjut tanpa hambatan.”

Komentarnya tampaknya mengacu pada evakuasi polisi baru-baru ini dari tempat tinggal anarkis di Athena, yang memicu serangkaian serangan bom molotov di rumah jurnalis, cabang partai lokal dalam koalisi yang berkuasa di Yunani, dan mesin ATM.

Juru bicara pemerintah Simos Kedikoglou mengatakan peluru “simbolis” menembus jendela kantor yang kadang-kadang digunakan oleh Perdana Menteri Antonis Samaras dan ditemukan di dalam ruangan.

“Ada peningkatan baru yang mengkhawatirkan dalam upaya meneror masyarakat kita,” kata Kedikoglou.

Tidak ada pejabat partai yang berada di dalam gedung saat itu. Kantor resmi perdana menteri berada di gedung lain di pusat Athena, tempat dia menghabiskan sebagian besar waktunya.

‚ÄúTentu bisa saja ada (korban). Mungkin ada petugas kebersihan di kantor perdana menteri atau petugas keamanan di lokasi,” kata Kedikoglou.

Polisi mengatakan penyerang diyakini memiliki setidaknya satu kaki tangan, sementara para ahli sedang memeriksa sebuah mobil yang ditemukan ditinggalkan dan dibakar di dekat tempat kejadian. Kelompok kontra-terorisme memimpin penyelidikan.

New Democracy mengepalai pemerintah koalisi tiga partai yang dibentuk setelah pemilu Juni dan memimpin upaya pemulihan ekonomi Yunani yang menyakitkan untuk mengurangi utang publiknya yang tinggi dan defisit anggaran melalui pemotongan pengeluaran yang sangat dibenci dan kenaikan pajak.

Langkah-langkah penghematan diminta oleh kreditur internasional dengan imbalan pinjaman bailout penting yang telah melindungi Yunani dari kebangkrutan sejak Mei 2010.

Yunani telah dilanda selama beberapa dekade oleh kekerasan politik sayap kiri mematikan yang menargetkan polisi, pegawai negeri, pengusaha dan lembaga keuangan. Tetapi kelompok yang paling sulit dibasmi dalam tindakan keras sebelum Olimpiade Athena 2004, dan selama tiga tahun terakhir pihak berwenang telah menangkap lebih dari dua lusin orang atas serangan oleh kaum anarkis militan yang telah menyebabkan kerusakan luas tetapi tidak ada korban jiwa.

Setelah pihak berwenang membersihkan dua penghuni liar di Athena pekan lalu, rumah lima jurnalis terkemuka dibom. Serangan tersebut diklaim oleh kelompok anarkis kecil yang menuduh target mereka mengabdi pada pendirian.

Selama akhir pekan, pelaku pembakaran menargetkan rumah saudara juru bicara pemerintah Kedikoglou. Penyerang tak dikenal mendobrak pintu dengan palu godam dan melemparkan bom pembakar yang meledak tanpa cedera.

___

Nicholas Paphitis di Athena berkontribusi.

daftar sbobet