Tokoh skandal Blagojevich dihukum 2 tahun

Tokoh skandal Blagojevich dihukum 2 tahun

CHICAGO (AP) – Penggalangan dana lama untuk mantan Rep. Jesse Jackson Jr. yang merupakan tokoh dalam skandal yang membuat mantan Gubernur Illinois Rod Blagojevich di balik jeruji besi, dijatuhi hukuman dua tahun penjara pada hari Senin karena penipuan perawatan kesehatan.

Hakim Chicago menghukum Raghuveer Nayak, 59, karena menyuap dokter untuk rujukan ke pusat operasi yang dimilikinya – sebuah kasus yang tidak terkait langsung dengan Jackson dan Blagojevich, yang keduanya saat ini berada di penjara dan sempat menjadi masalah selama persidangan. Jackson mengaku bersalah menyalahgunakan dana kampanye, sementara juri memutuskan Blagojevich bersalah melakukan korupsi.

Nayak membuat pernyataan singkat di pengadilan, bertanya kepada Hakim Distrik AS Robert Gettleman, “Tolong kasihanilah saya dan keluarga saya.” Pengusaha daerah Chicago itu mengaku bersalah tahun lalu atas satu penipuan dan satu tuduhan pajak, yang bersama-sama membawa hukuman penjara maksimum 23 tahun.

Nama Jackson dan Blagojevich muncul Senin ketika jaksa dan pengacara pembela bentrok atas dugaan peran Nayak dalam dakwaan paling terkenal terhadap Blagojevich: Bahwa gubernur saat itu mencoba menukar janji di kursi Senat lama Presiden Barack Obama untuk sumbangan kampanye atau pekerjaan .

Selama persidangan Blagojevich, jaksa mengajukan bukti bahwa Nayak menawarkan untuk mengumpulkan $1 juta untuk kampanye Blagojevich jika Demokrat Chicago menominasikan Jackson untuk kursi Senat. Sebelumnya, baik Nayak maupun pengacaranya tidak pernah mencoba menyangkal tudingan itu secara terbuka.

Tetapi pada hari Senin, pengacara pembela Thomas McQueen meragukan klaim tersebut, mempertanyakan kredibilitas kesaksian Rajinder Bedi di persidangan Blagojevich. Bedi, teman lama Nayak, mengaku mengetahui langsung tawaran tersebut.

Jaksa Carrie Hamilton mengatakan komentar McQueen yang mempertanyakan tuduhan tersebut bertentangan dengan wawancara Nayak sendiri dengan otoritas federal, dan dia memperingatkan bahwa jaksa sekarang dapat menggunakan wawancara federal Nayak untuk melawannya.

Prospek itu tampak membuat Nayak ketakutan, yang mengatakan kepada hakim bahwa dia bingung dan takut.

ā€œSaya sangat takut dengan pemerintah. … Saya takut untuk mengambil secangkir kopi. Saya tidak tahu apakah itu legal atau tidak,ā€ katanya, suaranya pecah.

Namun, masalah perdebatan mereda setelah istirahat makan siang, ketika McQueen mengatakan dia ingin menghapus semua komentar dan keraguannya untuk mengklaim kursi Senat. Jaksa mengatakan mereka menerima pencabutannya.

Jaksa ingin mendesak Gettleman untuk mempertimbangkan tawaran kontribusi-untuk-kursi Senat Nayak untuk memperkuat hukumannya dalam kasus penipuan, mengatakan dia “merusak proses politik.” Namun, Gettleman mengatakan pada hari Senin bahwa dia tidak akan “memberikan banyak bobot”

Nayak, yang juga didenda $500.000, harus melapor ke penjara pada 1 Juni.


judi bola terpercaya