Pengadilan California menolak tawaran untuk menghentikan pernikahan gay

Pengadilan California menolak tawaran untuk menghentikan pernikahan gay

SAN FRANCISCO (AP) – Pengadilan tertinggi California pada hari Selasa menolak untuk memblokir negara dari sanksi pernikahan sesama jenis sambil mempertimbangkan petisi yang menyatakan larangan yang disetujui pemilih pada pernikahan gay tetap berlaku di semua kecuali dua kabupaten.

Tanpa komentar, Mahkamah Agung California menolak permintaan pejabat pemerintah terpilih yang bertanggung jawab mengeluarkan surat nikah di San Diego County untuk perintah menghentikan pernikahan gay, yang bulan lalu dilanjutkan di negara bagian untuk pertama kalinya sejak larangan itu disahkan pada November 2008. . .

Petugas distrik Ernest Dronenburg jr. mencari akomodasi pada hari Jumat. Dia juga meminta pengadilan beranggotakan tujuh orang untuk mempertimbangkan argumen hukumnya bahwa pernikahan sesama jenis masih ilegal di sebagian besar California, meskipun keputusan Mahkamah Agung AS secara luas dianggap mengizinkannya dan pendapat jaksa agung negara bagian yang harus dikeluarkan oleh panitera di seluruh negara bagian. lisensi untuk pasangan gay.

Mahkamah Agung AS bulan lalu membuka jalan bagi pernikahan sesama jenis untuk kembali ke negara bagian terpadat di negara itu ketika memutuskan bahwa sponsor Proposition 8 tidak memiliki kedudukan untuk mengajukan banding atas keputusan hakim pengadilan federal bahwa larangan itu tidak konstitusional. lesbian California.

Dronenburg berpendapat bahwa perintah pendamping pengadilan yang memerintahkan gubernur, jaksa agung dan direktur kesehatan masyarakat negara bagian untuk berhenti menegakkan Proposisi 8 hanya berlaku untuk dua pasangan yang menggugat untuk membatalkan waktu larangan, dan panitera di kabupaten Alameda dan Los Angeles, tempat pasangan itu mengajukan surat nikah.

Dronenburg, seorang Republikan yang terpilih sebagai petugas pencatat penilai San Diego County pada tahun 2010 dan dikenal terutama karena pandangannya tentang masalah pajak, juga berpendapat bahwa panitera daerah tidak terikat oleh perintah dari gubernur, jaksa agung negara bagian, dan pegawai negeri. yang mengawasi pencatatan perkawinan.

Dia diwakili oleh pengacara Rancho Santa Fe Charles LiMandri, yang menyumbangkan $10.000 dan meminjamkan $27.000 lagi untuk kampanye agar memenuhi syarat dan lulus Proposisi 8, menurut catatan keuangan kampanye negara bagian.

Mahkamah Agung negara bagian telah meminta lebih banyak argumen tertulis tentang masalah tersebut paling lambat 8 ‚Äč‚ÄčAgustus.

Pekan lalu, pengadilan menolak permintaan serupa untuk tinggal sementara pernikahan sesama jenis dari sponsor Proposition 8, yang membuat argumen serupa dengan Dronenburg tentang ruang lingkup perintah pengadilan. Pengacara pendukung Proposition 8 juga berpendapat bahwa karena Mahkamah Agung AS tidak secara langsung memutuskan konstitusionalitas tindakan tersebut, pejabat negara terikat oleh hukum negara bagian untuk menegakkannya.

Mahkamah Agung California harus memutuskan apakah akan melanjutkan kasus mereka dan telah meminta argumen tertulis tambahan paling lambat 1 Agustus. Sejauh ini, panitera di 24 kabupaten telah mengajukan briefing dengan alasan masuk akal jika tindakan mereka terkait penerbitan surat nikah dipandu oleh pejabat negara sehingga undang-undang perkawinan sama secara nasional.

Toto SGP