Microsoft membeli ponsel Nokia, hak patennya senilai $7,2 miliar

Microsoft membeli ponsel Nokia, hak patennya senilai ,2 miliar

REDMOND, Washington (AP) – Microsoft membeli lini ponsel pintar Nokia serta portofolio paten dan layanannya dalam upaya memberikan tantangan yang lebih berat kepada Apple dan Google seiring dengan semakin banyaknya orang yang menjalani kehidupannya di perangkat seluler.

Kesepakatan senilai 5,44 miliar euro ($7,2 miliar) yang diumumkan Senin malam ini merupakan langkah besar dalam upaya Microsoft untuk mengubah dirinya dari pembuat perangkat lunak yang berfokus pada pembuatan sistem operasi dan aplikasi untuk desktop dan laptop, menjadi perusahaan yang lebih fleksibel dan tangkas dalam menyediakan layanan. pada gadget apa pun yang terhubung ke Internet.

Microsoft, yang berbasis di Redmond, Washington, dipaksa untuk berevolusi seiring dengan semakin banyaknya orang yang menjalani kehidupan digital mereka melalui ponsel pintar dan komputer tablet, sehingga mengurangi permintaan akan PC. Pergeseran ini melemahkan Microsoft, yang telah mendominasi pasar perangkat lunak komputer selama 30 tahun terakhir, dan memberdayakan Apple, pembuat iPhone dan iPad terkemuka di industri, dan Google, yang memberikan sistem operasi seluler paling populer di dunia, Android.

Nokia, yang berbasis di Espoo, Finlandia, dan Microsoft telah mencoba membuat terobosan ke pasar ponsel pintar sebagai bagian dari kemitraan yang dijalin pada tahun 2011. Di bawah aliansi tersebut, ponsel pintar Lumia Nokia dijalankan dengan perangkat lunak Microsoft Windows, namun perangkat tersebut tidak muncul. sebagai alternatif populer untuk iPhone atau berbagai perangkat bertenaga Android yang dipimpin oleh ponsel cerdas dan tablet Samsung Electronics.

Microsoft bertaruh bahwa mereka akan memiliki peluang lebih besar untuk menutup kesenjangan tersebut jika mereka mengambil kendali penuh atas cara kerja perangkat seluler dengan perangkat lunak Windows-nya.

ā€œIni adalah langkah berani menuju masa depan ā€“ saling menguntungkan bagi karyawan, pemegang saham, dan konsumen kedua perusahaan,ā€ kata CEO Microsoft Steve Ballmer dalam sebuah pernyataan.

Akuisisi ini dilakukan bersamaan dengan saat Microsoft sedang mencari pemimpin baru. Hanya 10 hari yang lalu, Ballmer, 57, mengumumkan bahwa ia akan mengundurkan diri sebagai CEO pada tahun depan, sebuah langkah yang dilihat oleh banyak analis sebagai pengakuan diam-diam Microsoft bahwa perusahaan memerlukan suntikan darah segar untuk bangkit kembali.

Kesepakatan itu bisa memicu spekulasi bahwa CEO Nokia, mantan CEO Microsoft Stephon Elop, akan muncul sebagai kandidat utama untuk menggantikan Ballmer. Elop akan mengundurkan diri sebagai presiden dan CEO Nokia untuk menjadi wakil presiden eksekutif perangkat dan layanan Nokia sebagai persiapan untuk bergabung dengan Microsoft setelah akuisisi selesai. Ketua Risto Siilasmaa akan tetap pada perannya saat ini dan mengambil alih tugas CEO sementara.

Microsoft berharap untuk menyelesaikan kesepakatan itu awal tahun depan. Jika jadwal tersebut berhasil, sekitar 32.000 karyawan Nokia akan beralih ke Microsoft, yang saat ini memiliki sekitar 99.000 pekerja.

Harga yang diusulkan adalah 3,79 miliar euro ($5 miliar) untuk unit Nokia yang membuat ponsel, termasuk lini ponsel pintar Lumia yang menjalankan perangkat lunak Windows Phone. 1,65 miliar euro ($2,2 miliar) lainnya akan dibayarkan untuk lisensi 10 tahun untuk menggunakan paten Nokia, dengan opsi untuk memperpanjangnya tanpa batas waktu.

Ini merupakan akuisisi termahal kedua dalam 38 tahun sejarah Microsoft, setelah pembelian layanan panggilan Internet dan konferensi video Skype senilai $8,5 miliar. Tony Bates, yang menjalankan Skype, juga dipandang sebagai calon penerus Ballmer.

Uang untuk membeli ponsel pintar dan paten Nokia akan diambil dari hampir $70 miliar yang disimpan Microsoft di rekening luar negeri pada 30 Juni.

Ekspansi Microsoft ke perangkat seluler sejauh ini tidak berjalan baik. Tahun lalu, perusahaan tersebut mulai menjual lini tablet bernama Surface, dengan harapan dapat melemahkan iPad Apple. Versi Surface yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows yang diperbarui memiliki kinerja yang sangat buruk sehingga perusahaan mengeluarkan biaya sebesar $900 juta pada kuartal terakhir untuk menutupi kegagalan tersebut.

Nokia berencana mengadakan konferensi pers di Finlandia pada Selasa pagi untuk membahas kesepakatan tersebut. Para eksekutif Microsoft akan menguraikan alasan mereka atas kesepakatan tersebut segera setelah Nokia menutup penawarannya.

slot demo pragmatic