Masinis memberikan saran kepada Boeing 777X untuk dicuci.

Masinis memberikan saran kepada Boeing 777X untuk dicuci.

SEATTLE (AP) – Pada hari kedua pembicaraan antara pejabat Boeing Commercial Airplanes dan pemimpin serikat masinis, serikat pekerja mengatakan Rabu bahwa pihaknya telah mengajukan proposal awal untuk kontrak yang berarti sebagian besar pekerjaan di jet 777X baru perusahaan akan selesai. di wilayah Puget Sound.

Proposal itu akan mengamankan pembuatan airfoil dan perakitan akhir untuk Masinis di negara bagian Washington, kata serikat pekerja dalam sebuah pernyataan.

Kedua pihak baru memperbarui Selasa, yang merupakan batas waktu Boeing bagi negara bagian lain untuk mengajukan proposal pengerjaan jet baru.

Serikat Masinis tidak memberikan rincian penawarannya.

“Kami mencoba mengajukan proposal yang akan memenuhi kebutuhan anggota kami sekaligus memastikan kesuksesan jangka panjang The Boeing Co. di Negara Bagian Washington,” kata Tom Wroblewski, presiden Machinists Union District Lodge 751. berkata.

Wroblewski mengatakan dia mengharapkan Boeing untuk menanggapi tawaran tersebut pada hari Kamis.

Nada pembicaraan hari Rabu adalah “hormat dan konstruktif,” kata Wroblewski, tetapi dia menambahkan bahwa kedua belah pihak belum mencapai kesepakatan.

Juru bicara Boeing Doug Alder tidak segera membalas telepon dari The Associated Press untuk meminta komentar. Dia menolak memberikan detail negosiasi apa pun kepada The Seattle Times.

“Seperti yang telah kami katakan sejak awal proses pemilihan lokasi 777X, kami terus melihat semua opsi kami,” kata Alder kepada surat kabar tersebut. “Saat kami mulai mengevaluasi proposal, kami akan terlibat dalam diskusi dengan semua pihak yang berkepentingan.”

Pada 13 November, serikat Masinis menolak kontrak delapan tahun yang diusulkan untuk pekerjaan 777X, sebagian karena itu akan menggantikan pensiun manfaat pasti tradisional pekerja dengan program tabungan iuran pasti.

Perusahaan yang berbasis di Chicago itu mengatakan akan mencari di tempat lain dan memberi negara bagian hingga Selasa untuk mengajukan proposal. Di seluruh negeri, negara bagian bergegas untuk mengesankan raksasa kedirgantaraan dengan paket insentif mewah yang menawarkan real estat, kesepakatan tenaga kerja, dan keringanan pajak miliaran dolar.

Dalam upayanya sendiri untuk memenangkan pekerjaan 777X, negara bagian Washington baru-baru ini menyetujui keringanan pajak sebesar $9 miliar untuk Boeing selama beberapa tahun mendatang, dan undang-undang untuk meningkatkan program pelatihan penerbangan dan proses perizinan.

“Ini tentu kabar baik bahwa kedua belah pihak berbicara secara langsung,” kata David Postman, juru bicara Gubernur Washington. kata Jay Inslee Rabu. “Sejak November, gubernur telah berbicara dengan mereka masing-masing secara individu dan meminta mereka untuk kembali ke meja perundingan.”

“Anggota kami ingin Boeing sukses, dan peluang terbaik Boeing untuk sukses 777X adalah membangunnya di sini,” kata Wroblewski dalam pernyataannya. ‚ÄúSeorang analis bisnis mungkin menyebut Masinis kami sebagai solusi berketerampilan tinggi dan berisiko rendah untuk kebutuhan manufaktur Boeing. Saya hanya akan menyebut kami sebagai pekerja penerbangan terbaik di dunia.”

slot gacor